Senin, 09 April 2012

SIFAT-SIFAT KEPERIODIKAN UNSUR

Sifat periodik adalah sifat yang berubah secara beraturan sesuai dengan kenaikan nomor atom, yaitu dari kiri kekanan dalam satu periode dan dari atas ke bawah dalam satu golongan. Sifat-sifat periodik  yang ada meliputi jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, keelektronegatifan

1.      Jari-jari Atom
Jari-jari atom merupakan jarak dari pusat atom ( inti atom)sampai ke kulit electron terluar yang ditempati electron.

2.      Enegi Ionisasi
Energi ionisasi merupaknan energy yang diperlukan untuk melepaskan elektron yang terikat paling lemah oleh suatu atom atau ion.
 
3.      Afinitas Elektron
Afinitas elektron merupakan besarnya energi yang dihasilkan atau dilepaskan apabila suatu atom menarik sebuah elektron. Semakin besar energy yang dilepaskan ( afinitas elektron) menunjukkan bahwa atom tersebut memiliki kecenderungan menarik elektron  dan menjadi ion negatif.
Secara umum, nilai afinitas elektron dalam golongan yang sama dari atas ke bawah menurun, sedangkan pada periode yang sama dari kiri ke kanan meningkat. Nilai afinitas elektron umumnya sejalan dengan jari- jari atom. Makin kecil jari-jari atom, nilai afinitas elektron makin tinggi. Sebaliknya, makin besar jari-jari atom, nilai afinitas elektron kecil.
 
4.      Keelektronegatifan
Keelektronegatifan didefinisikan sebagai kecenderungan suatu atom dalam molekul untuk menarik pasangan elektron yang digunakan pada ikatan ke arah atom bersangkutan. Skala keelektronegatifan yang dipakai sampai sekarang adalah yang dikembangkan oleh Pauling sebab lebih lengkap dibandingkan skala keelektronegatifan yang lain. Pauling memberikan skala keelektronegatifan 4 untuk unsur yang memiliki energi ionisasi dan energi afinitas elektron tinggi, yaitu pada unsur florin, sedangkan unsur-unsur lainnya di bawah nilai 4.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates